HOTEL COMBINED / BANDINGKAN PUSAT HOTEL HOTEL MURAH.

Selasa, 01 April 2014

Keuneubah Endatu (Ungkapan Pribahasa dalam bahasa Aceh)



HADIH MAJA

Keuneubah endatu
Yang bermakna sisa Peninggalan orang-orang tua zaman dulu)
Orang-orang tua zama dulu sering kali mengungkapkan sesuatu / memberikan nasehat kepada anak-anaknya  berupa kata-kata bijak yang enak didengar dan begitu dalam makna yang tersirat didalamnya.

1.      Jak bak laku linggang pinggang bak laku ija;
Artinya lakukan sesuatu menurut kadar yang seharusnya, tidak perlu memaksakan diri bilamana memang kemampuan itu sangat terbatas

2.      Ngui bak laku tuboh pajoh bak laku atra;
Alangkah nikmatnya kehidupan ini bila semua orang mampu menerima keadaan dengan sifat qana’ah . Hati akan selalu damai dan merasakan ketentraman, manakala setiap rezki permberian Allah SWT disyukuri dengan sebaik-baiknya. Performance dan penampilan tentunya akan menyesuaikan diri dengan kemampuan yang ada. Rizki yang digunakan juga disejajarkan dengan hasil yang diperoleh. Bila ini mampu diperankan maka setiap orang itu tidak perlu merasakan resah dan gelisah menjalani hidup ini. Yakinlah Allah SWT akan memberikan risky yang sebanding dengan usaha, keuletan dan kesungguhan kita dalam berusaha.

3.      Jak ube loet tapak duek ube loet punggoeng
Kalimat ini mengajarkan kit tentang sikap dan perilaku yang seharusnyakita perankan. Dimana, kapan dan kemaanapun kita pergi, hendaknya kita hannya menggunakan fasilitas seperlunya bila memang tersedia. Bila kata kita mendapatkan amanah dan kepercayaan dari orang lain, maka amanah tersebut dilaksanakan sebagaimana mestinya.

4.      Ikue han ek ta hila
Dalam hidup sesungguhnya diperlukan konsistensi, istiqamah dan toleransi dengan lingkungan sekitar kita.

5.      Sulet keu pangkai, kanjai keu laba
Berbohong atau menipu adalah salah satu dari sekian banyak perilaku yang tidak baik. Oleh karena itu dianjurkan agar setiap orang menjauhi perbuatan seperti itu. Karena siapapun yang melakukan perbutan seperti ini dianggap sebagai orang yang munafik. Sebaliknya setiap orang yang selalu berkata dan bersikap juju pasti akan membuahkan ketenangan jiwa,bagi orang yang hidupnya suka berbohong dan menipu, maka mereka akan menuai resiko dipermalukan ketika kebohongan atau penipuannya terbongkar.

6.      Bak ie raya bek tapeugoet ampeh, bak ie tireh bek ta theun ubee, bek ta meungon deungon sipaleh atra abeh geutanyo malee
Sebuah persahhabatan tidak selamanya mendatangkan kebaikan atau manfaat yang baik. Bila tidak pandai memilih dan memilah teman yang baik maka akan menerima imbas yang sangat merugikan.

7.      Meunyoe tatep bak useuha dak han kaya udep seunang, meuhan tatem bak useuha pane atra rhoet di manyang.
Kesungguhan, keuletan, keyakinan dan kerja keras merupakan modal dasar untuk meujutkan hidup sejahtera.

8.      Hak ube jiplueng, buleung teuka
Setiap orang pasti telah memiliki kadar keberuntungan dan rizki masing-masing. Hasil yang diperoeh sebanding dengan usaha dan kerja keras yang di lakoninnya

9.      Uleu beumate ranteng bek patah, buet beu ase rahsia bek meugah
Menyelesaikan masalah harus arif dan bijak, sehingga setiap persoalan yang dihadapi akan tuntas diselesaikan.banyak berbicara belum tentu membuahkan hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah.sebab tidak semua masalah harus disampaikan kepada khalayak ramai, adakalanya sedikit berbicara dan tidak diketahui orang lain akan lebih baikdalam menyelesaikannya.

10.   Meu memet babah meu ek gigoe
Setiap orang yang berkerja keras pasti akan membuahkan hasil atas karya dan kerja kerasnya, tentunya akan ada pengaruh yang didapat pada pemenuhan kebutuhan hidupnya.

11.   Tapak jak urat meunari, na tajak teuntee na raseuki
Rezki akan diperoleh manakala semua anggota tubuh bergerak berusaha melakukan sesuatu untuk mengolah apa yang ada dimuka bumi

12.   Leumpah carong hana gaji, leumpah tari hana lakoe
Jangan pernah merasa diri paling pinter dan hebat dari orang lain, karena suatu saat pasti tidak akan memperoleh apa-apa dalam hidup ini.

13.   Nyan miyuep talingkeu yang manyang ta loep, meunan yang patot udep lam donya
Menghargai yang kecil dan menghormati yang lebih tua merupakan cara hidup yang ideal dalam interaksi sosial

14.   Tajak ukeu kalon u likoet tak jak lampeungeuh kalon lam supoet
Dalam beraktifitas, harus memperhitungkan segala dampak yang nantinya diakibatkan olehnya. Karena tidak semua pekerjaan dan perbuatan akan berhasil dengan mulus tanpa adanya gannguan dari pihak lain, kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi.

demikianlah sedikit apa yang pernah menjadi keuneubah eundatu orang tua kita dulu, moga memberikan manfaat buat kita semua,,dan dapat menjadi nasehat yang berharga dalam kehidupan kita
mu'arif as-arany

9 komentar:

  1. cukub buat jadi pelajaran, menasehati akan menjadikan kita benar dalam bertinda

    BalasHapus
  2. Koleksi beu leubeh lee, nyan keunebah indatu

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Jeut keu nasehat bagi aneuk-aneuk muda Aceh jino...

    BalasHapus
  5. Semoga generasi geutanyo han teuwo pribahasa2 Aceh, krn mandum mengandung maksud dan makna yg baik. Dan yg paling utama, adalah sebagai warisan yg berharga dari ureung chik geutanyo

    BalasHapus