HOTEL COMBINED / BANDINGKAN PUSAT HOTEL HOTEL MURAH.

Kamis, 03 April 2014

Tips memulai Usaha Kecil dan Meraih Sukses Gemilang




Tips Memulai Usaha Kecil dan Meraih Sukse Gemilang
 

Anda kenal dengan Bill Gate atau Mark Zuckenbrg, mereka adalah contoh pengusaha yang telah meraih kesuksesan yang luar biasa, pasti anda tergiur dengan kekayaan mereka yang juga luar biasa. Tapi sadarkah anda, bahwa mereka juga memulai semuanya dari usaha kecil mereka. Dan tak satupun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan seperti sekarang.
Perusahaan pemula yang  berubah menjadi perusahaan sukses bernilai mmilyaran rupiah bahkan triliyunan, dalam bisnis tak ada bedanya dengan memenangkan lotere. Meletakkan semua uang dan berharap mendapatkan jacpot, anda justru bakalan terpuruk.
Berikut 6 (Enam) aturan untuk memulai usaha kecil. Daftar ini lebih untuk membuat anda menyadari kenyataan yang ada, ketimbang gila-gilaan mengejar impian terdahsyat anda dalam berbisnis:
Lebih Realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat kesekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang anda kehendki, lalu pelajari. Biila anda sudah dapat menemukan, entah anda yang luar biasa jenius atau model bisnis anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.
Jangan menginfestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang beresiko, carilah partner. Jadi jika semuanya tidak berjalan semua rencana, anda tidak bakal bangkrut karena dana start-Up tadi, dan tidak di kejar utang.
 Hargai waktu. Beri nilai uang pada waktu anda, misalnya Rp.20 ribu perjam. Ini akan membantu anda mengambil keputusan: Bila sebuh took  mengenakan biaya Rp 10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke took tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, budak sekalipun juga memeliki nilai ekonomis.
Rekrut karyawan dengan baik. Tanpa mempedulikan ukuran usaha anda, pada akhirnya anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa dan perlakukan hal tersebutsepenting saat anda memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi justru merekrut karyawan menghalanginya dari meraih visi tersebut.
Jual kelebihan bukan harganya. Saaat anda memulai sebuah usaha, sudah sewajarnya anda frustasi memasarkannya. Tapi jika anda bersaing pada harga, anda pada akhirnya akan menjual dengan harga pas-pasan atau dibawah harga modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produck anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.
Ketahui angka dasar. berapa banyak uang  yang anda butuhkan untuk menjalani usaha , mulai dari sewa toko, listrik, Mengetahui asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun anda buka. Dan … itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan.
Saya tahu bahwa saya tidak akan menyesali bilamana saya gagal, tapi saya tahu bahwa satuhal yang akan saya sesali bila saya tidak pernah mencobanya,,,
Selamat mencobanya….
Muarif as-arany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar